mboh

Antibiotik

Antibiotik diresepkan dokter untuk membantu mengatasi infeksi kuman penyakit di dalam tubuh. [1]

Berhenti minum antibiotik sebelum waktu yang ditentukan alias tidak dihabiskan, bakteri memiliki potensi untuk tumbuh lagi dengan kecepatan yang lebih pesat. Bakteri akan berkembang biak lebih banyak dan gejala yang muncul bahkan mungkin lebih buruk dari sebelumnya.

Perlu diingat, saat tubuh terasa lebih sehat kuman penyebab penyakit belum tentu semuanya mati, sebagian mungkin baru sekarat atau pingsan. Kemudian saat pemakaian antibiotik dihentikan, mereka akan hidup lagi dan menjadi lebih kebal jika kelak diberikan antibiotik yang sama dengan dosis yang sama pula. Agar tak lupa, bawalah selalu antibiotik dalam botol portabel.

Beberapa orang memiliki alasan lain untuk tidak menghabiskan antibiotik yang telah diresepkan, salah satunya agar bisa digunakan kembali saat mungkin nantinya penyakit tersebut datang kembali. Padahal kebiasaan ini juga sama sekali tidak berdampak positif.

Selain membuat bakteri menjadi kebal (karena antibiotik pada penyakit awal tidak diminum tuntas), kualitas antibiotik yang sudah terlalu lama juga efektivitasnya berkurang. Sehingga belum tentu bisa ‘menghabisi’ bakteri penyebab penyakit tersebut seperti sebelumnya.


    Referensi

  1. ^ Hati hati ini akibatnya jika sering lupa menghabiskan antibiotik
Plugin referensi dapat didownload disini

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>