mboh

Aluk Todolo

Aluk Todolo atau Alukta berasal dari kata Aluk = Agama atau Aturan, Todolo = Leluhur [1] adalah aturan tata hidup yang telah dimiliki sejak dahulu oleh masyarakat Suku Toraja, Sulawesi Selatan. Aturan tata hidup tersebut berkenaan dengan sistem pemerintahan, sistem kemasyarakatan, dan sistem kepercayaan. [2]

Walau terbuka bagi agama luar, warga sepakat, yang telah menganut selain Aluk Todolo wajib keluar dari Dusun Kanan. Tentu saja mereka tetap boleh berkunjung ke sana, tapi tak dapat tinggal lama.

Di luar penganut Aluk Todolo, sekalipun bangsawan dan memiliki banyak uang, mereka tidak boleh dimakamkan dengan ritual pa’tomate, upacara penguburan jenazah khas dusun. Penganut Aluk Todolo menjunjung tinggi kebenaran dan kejujuran. Mereka begitu tegas menerapkan aturan leluhur. Berani melanggar berarti bakal menyengsarakan warga dusun, misalnya mendatangkan petaka gagal panen. Semua kesalahan dan kecurangan berhadapan dengan hukum dan hal itu berlaku bagi semua, termasuk keluarga dekat, saudara jauh, atau pendatang.

Dalam Ajarannya Aluk Todolo mengatakan bahwa Agama ini duturunkan oleh Puang Matua ( Sang Pencipta ) kepada nenek moyang manusia yang pertama bernama Datu’ La Ukku’ yang dinamakan Sukaran Aluk ( Sukaran = susunan / aturan, Aluk = Agama / Aturan ) artinya aturan dan susunan agama atau keyakinan yang didalamnya mengandung ketentuan – ketentuan bahwa manusia dan segala isi bumi ini harus menyembah, memuja, dan memuliakan Puang Matua ( sang Pencipta ) yang diwujudkan dalam bentuk sajian penyembahan.

Pengaruh Hindu
Aluk Todolo adalah suatu kepercayaan animis tua yang rupanya dalam perkembangannya telah dipengaruhi oleh agama konfusius dan agama hindu makanya oleh pemerintah Republik Indonesia menggolongkan agama Aluk Todolo dalam sekte Agama Hindu Darma.


    Referensi

  1. ^ Toraja Culture, Aluk Todolo Agama Purba Suku Toraja, diakses 23 Nopember 2015
  2. ^ Kebudayaan Indonesia, diakses 23 Nopember 2015
Plugin referensi dapat didownload disini

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>