mboh

Joop Ave

Joop Ave (lahir di Yogyakarta, 5 Desember 1934 – meninggal di RS Mount Elizabeth, Singapura, 5 Februari 2014 pada umur 79 tahun) adalah Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Republik Indonesia pada Kabinet Pembangunan VI pada masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Lahir di Yogyakarta, leluhurnya adalah orang Belanda, ia menjabat pada Kabinet Pembangunan VI. Dia aktif selama 20 tahun di bidang protokol. Dia adalah Direktur Jenderal Pariwisata (1982) dan fasih dalam tiga bahasa asing, yaitu bahasa Inggris, Perancis dan Jerman.

Ave belajar di Akademi Dinas Luar Negeri (1957) dan dibesarkan oleh ibunya yang tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat. Ia belajar di Universitas Filipina, Manila, tapi ia tidak menyelesaikannya.

Dia memulai kariernya sebagai penulis dan penyiar pada program bahasa Perancis di RRI, Jakarta (1957) sebelum dipekerjakan oleh Departemen Luar Negeri (1957). Sepuluh tahun kemudian, dia bertanggung jawab di Konsulat Jenderal Indonesia di New York, AS (1967), Sekretaris I (1970) dan Konsuler (1972).

Ave menjabat sebagai Kepala Rumah Tangga di Istana Presiden dari tahun 1972 sampai 1978. Ia dianugerahi gelar Raden Mas Kanjeng Haryo Condronegoro oleh Mangkunegara VIII. Pada saat istana Surakarta terbakar, ia adalah salah satu dari kelompok khusus yang aktif dalam meneliti penyebab kebakaran.

Sebelum diangkat menjadi Direktur Jenderal Pariwisata (1982), ia menjabat sebagai Protokol dan Konsuler Departemen Luar Negeri (1978-1982). Selain melayani dalam bidang birokrasi, ia juga menjabat sebagai Ketua ASEAN Sub-Komite Pariwisata (1983-1986) dan Dewan Direksi PATA (1984-1986).

Dia juga co-editor dari sejumlah buku tentang Indonesia dan pariwisata. Ave juga menulis tentang seni dan kerajinan Indonesia.

Ave meninggal di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura pada 5 Februari 2014 setelah lama sakit pada usia 79. [1]


    Referensi

  1. ^ Joop Ave
Plugin referensi dapat didownload disini

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>