mboh

Magnetic Resonance Imaging

MRI (Magnetic Resonance Imaging) adalah teknik diagnostik medis yang menghasilkan gambaran untuk memeriksa dan mendeteksi kelainan di dalam tubuh, dengan menggunakan medan magnet dan gelombang radio frekuensi. MRI dapat menghasilkan gambaran-gambaran dengan potongan sangat tipis dari bagian tubuh manapun dalam waktu yang singkat. MRI tidak menggunakan sinar X, sehingga tidak menyebabkan radiasi.

Teknologi MRI sudah banyak digunakan di Indonesia dan saat ini MRI 1.5 Tesla adalah versi yang banyak digunakan.

MRI 3 Tesla (3T) Skyra adalah teknologi medis terkini yang dapat memberikan gambaran pencitraan dengan detail anatomis yang sangat baik, terutama untuk kelainan serebral ataupun untuk seluruh tubuh. Dengan kualitas ini, MRI 3 Tesla Skyra dapat membantu menegakkan diagnostik yang lebih akurat dan lebih cepat sehingga penanganan terapi dapat dilakukan sedini mungkin. [1]

MRI 3 Tesla magnetik resonansinya dua dua kali lipat dari MRSI biasanya. MRI 1.5 biasanya hanya 10.000 gauss sedangkan MRI3 itu 30.000 gauss. Artinya gambaran proses scan akan lebih baik, sehingga kelainan sekecil-kecilnya bisa terlihat.

MRI 3 Talse bisa dipergunakan untuk mendeteksi untuk bagian kepala, tulang belakang , jaringan lunak, persendian, payudara, abdomen dan lain-lain, bisa mendeteksi tumor di dalam mata, kista di kepala, kelaian di janin dan, tulang belakang. [2]

Soal ukuran, MRI itu lebih besar yakni 70 centimeter dimana rata-rata hanya 60 centimeter. Artinya, dulu itu sempit dan sekarang lebih lapang. Sehingga orang beratnya diatas 200 kilo yang biasanya dialihkan MRI Design Bore Open, tidak akan dialihkan lagi.

Kemudian, waktu yang dibutuhkan untuk scanning MRI 3 Tesla lebih singkat dibanding MRI 1,5. Efisiensi sangat berguna untuk pasien anak-anak ataupun pasien dengan kalustrofobia.

Dengan MRI 3 Tesla, waktu yang dibutuhkan untuk pencitraan lebih singkat yakni tujuh sampai 10 menit. Dibandingkan MRI sebelumnya biasanya sekira 20 sampai 30 menit.


    Referensi

  1. ^ Tak Perlu Berobat ke Luar Negeri, RS di Indonesia Kini Punya MRI Tercanggih, diakses 20 Februari 2014
  2. ^ Inilah Kelebihan MRI 3 Tesla Dibanding MRI 1.5?, diakses 20 Februari 2014
Plugin referensi dapat didownload disini

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>