mboh

Masektomi

Mastektomi adalah pengangkatan payudara sebagai upaya pencegahan terkena penyakit kanker.

Biaya masektomi di Amerika Serikat berkisar lebih dari 3000 dolar AS atau sekitar 30 juta rupiah yang terdiri atas biaya pengujian gen BRCA1 dan BRCA2.
Mastektomi yang dijalani penderita ada bermacam jenisnya, tergantung dari kasus masing-masing individu. Mastektomi “nipple-sparing” hanya mengangkat jaringan payudara, tidak termasuk puting atau areola. Sementara mastektomi “skin-sparing” mengangkat seluruh bagian payudara. Terakhir, mastektomi “modifed radical” mengangkat seluruh payudara termasuk jaringan payudara di tulang dada, tulang selangka dan tulang iga, serta benjolan di sekitar ketiak.
Berdasarkan hasil beberapa penelitian, mastektomi pencegahan atau dikenal dengan istilah “prophilactic mastectomy” lebih sering ditemukan di Amerika Serikat dibandingkan negara lain. Dan jumlah perempuan yang memilih prosedur ini meningkat hingga 150 persen dari akhir tahun 1990an hingga pertengahan tahun 2000.   

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>