mboh

Messier 80

Messier 80 (juga dikenal dengan M80 atau NGC 6093) adalah sebuah gugus bola di konstelasi Scorpius. M80 ditemukan oleh Charles Messier pada 1781.

M80 terletak ditengah antara α Scorpii (Antares) dan β Scorpii dalam wilayah Bima Sakti yang kaya akan nebula. M80 dapat dilihat dengan teleskop amatir sedang sebagai bola cahaya yang bergaris – garis. Dengan diameter nyata sekitar 10′ dan dengan jarak sekitar 32.600 tahun cahaya, diameter spatialnya sekitar 95 tahun cahaya. M80 terdiri dari beberapa ratus ribu bintang, dan merupakan dalah satu gugus bola yang terpadat di Galaksi Bima Sakti.

M80 mengandung jumlah yang relatif banyak dari ”blue straggler”, bintang yang terlihat jauh lebih muda dari gugusan itu sendiri. Diperkirakan bintang – bintang ini telah kehilangan bagian lapisan luar mereka karena terlalu dekat dengan anggota gugusan yang lain atau mungkin hasil dari tabrakan antar bintang pada gugusan yang padat. Gambar dari Teleskop Luar angkasa Hubble ,memperlihatkan wilayan yang memiliki kepadatan populasi blue straggler yang paling tinggi, yang menghasilkan perkiraan bahwa pusat gugusan sepertinya memiliki frekuensi tabrakan dan tangkapan yang sangat tinggi.

Pada Mei 21, 1860, sebuah ledakan bintang ditemukan pada M80 yang menghasilkan sebuah magnitudo +7.0. Ledakan bintang itu, variabel bintang nama T Scorpii, mencapai magnitudo absolut −8.5, jauh lebih terang dari keseluruhan gugusan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>