mboh

Pole Position

Pole Position, seperti yang digunakan dalam olahraga motor, berasal dari istilah balap kuda di mana nomor satu memulai start di bagian dalam di samping tiang di dalamnya. Istilah ini membuat jalan, bersama dengan beberapa kebiasaan lain, untuk balap mobil. Dalam olahraga motor sirkuit, pengemudi memiliki posisi terdepan ketika mereka memulai balapan di bagian depan grid. Driver ini disebut sebagai polesitter tersebut. Grid posisi biasanya ditentukan oleh sesi kualifikasi terpisah di mana driver mencoba untuk mengatur putaran tercepat, atau berdasarkan posisi mereka di perlombaan sebelumnya. Olahraga motor seri yang berbeda menggunakan format yang berbeda untuk menentukan driver mana yang memiliki kesempatan untuk mulai dari posisi terdepan.

MotoGP

Sejak 2006, ada sesi satu jam pada hari Sabtu dimana pembalap berusaha untuk mencapai waktu lap tercepat. Dan pembalap dengan waktu lap tercepat memperoleh pole position untuk lomba.

Pada 2013 sebuah format baru diperkenalkan dimana kualifikasi dilakukan selama dua sesi 15 menit berlabel Q1 dan Q2. Tercepat 10 pengendara waktu latihan gabungan secara otomatis pindah ke Q2, sedangkan sisa lapangan bersaing di Q1. Pada akhir Q1 tercepat 2 pengendara maju ke Q2 dengan untuk memperoleh kesempatan untuk lebih meningkatkan posisi grid.