mboh

Quena

Quena atau sering juga disebut Kena adalah alat musik tiup tradisional yang berasal dari Amerika Selatan, terutama daerah pegunungan Andes. Quena diyakini pertama kalinya berasal dari peradaban Inca. Di masa modern, perkembangan quena berpusat di daerah Peru lalu menyebar ke Argentina, Ekuador, Kolombia, Bolivia, dan daerah utara Chile.

Quena memiliki bentuk yang mirip dengan seruling. Quena modern umumnya terbuat dari bahan rotan, bambu, atau alang-alang dengan panjang antara 25 hingga 50 cm. Alat musik ini memiliki lima atau enam lubang di bagian badan dan sebuah lubang di bagian bawah untuk ibu jari. Lubang di ujung untuk tempat meniup quena dilengkapi lengkungan yang disebut bisel atau muesca dan dapat berbentuk seperti huruf U, B, W, atau kotak. Bentuk bisel tersebut menentukan jenis timbre atau warna suara yang dihasilkan oleh sebuah quena. Bila quena ditiup bersamaan dengan kombinasi penutupan lubang tertentu di badan quena, maka akan dihasilkan nada-nada.

Salah satu versi quena tertua diidentifikasi berasal dari tahun 900 SM dan terbuat dari tulang dan tanah liat. Sebuah quena kuno yang terbuat dari tulang llama kini disimpan di sebuah museum bernama Museo De Instrumentos Precolombinos De Aguas Calientes yang terletak di Cuzco, Peru. Selama lebih dari 500 tahun, quena telah menjadi alat musik utama dalam kebudayaan Amerika Selatan yang dikenal menjadikan festival, musik, dan tarian sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Quena umumnya dimainkan sebagai instrumen tunggal maupun dalam sebuah ensembel, yaitu pertunjukkan gabungan beberapa alat musik yang dimainkan beberapa pemain sekaligus.

Kini, quena masih dimainkan di daerah pedesaan Peru dan Bolivia. Masuknya alat musik tiup ini ke dalam instrumen dalam musik New Age pada tahun 1970an-1980an membuat jenis suara yang dihasilkan quena menjadi terkenal di dunia, meskipun kebanyakan orang tidak tahu alat musik seperti apa yang menghasilkan suara tersebut. Lagu-lagu latar yang dipakai dalam karya dokumenter dengan tema alam Inca dan Andes sering memasukkan quena sebagai instrumen utamanya. [1]


    Referensi

  1. ^ Quena
Plugin referensi dapat didownload disini

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>