mboh

Riset tentang sering duduk

Kita bisa meningal karena kecelakaan pesawat, mobil atau motor, kejahatan dijalan, tersesat digunung, diculik, dimutilasi, kebakaran, bom teroris, kapal tenggelam. Begitu banyak cara bila ajal menjemput tapi bisa kita hindari dengan duduk dirumah aja? Betul?

Salah!!

Berikut beberapa headline suratkabar terkenal

“Is Sitting a Lethal Activity?” — New York Times
“Sitting for More Than Three Hours a Day Cuts Life Expectancy” — Wall Street Journal
“Is Your Office Chair Killing You?” — Men’s Health
“Why Sitting All Day is Killing You” — CBS News
“7 Ways Sitting Will Kill You” — Popular Science

Ada hubungan kuat antara duduk dan penyakit kronis. Ini hanya hubungan karena belum ada pembuktian bahwa banyak duduk menyebabkan buruknya kesehatan. Studi tentang apa yang dilakukan tubuh manusia saat diam adalah bidang studi yang relatif baru.

Salah satu studi pada manusia dilakukan oleh Hidde Van Der Ploeg, peneliti senior University of Sydney’s Sydney School of Public Health. Mereka mendapat data dari 200.000 warga Australia. Dan menemukan bahwa orang dewasa yang duduk selama 11 jam atau lebih per hari mempunyai resiko 40% meninggal tiga tahun kedepan dibandingkan mereka yang lama duduknya kurang dari 4 jam sehari.

“Kami pikir bahwa duduk lama buruk untuk kardiovasular dan kesehatan metabolisme” kata Van Der Ploeg “Kelihatannya buruk untuk ACL kolesterol, trigliserida dan sensitivitas insulin.”

Craig Harm, profesor of exercise physiology pada negara bagian Kansas mengatakan “Secara singkat, apa yang kita ketahui dari kegiatan diam ini mengakibatkan naiknya kadar trigliserida, menurunkan HDL kolesterol, menurunkan sensitivitas insulin, sindrom metabolik, menurunkan densitas tulang”

Alat ukur lain tentang kebanyakan duduk adalah peneliti Kansas Rosenkranz menganalisa data 63.000 laki paruh baya, dan timnya menyimpulkan hubungan antara banyaknya waktu duduk dan penyakit kronis.

Mereka yang duduk lebih dari 4 jam sehari secara signifikan terkena penyakit kronis seperti kanker, diabetes, sakit jantung dan hipertensi dibandingkan mereka yang duduk kurang dari 4 jam sehari
Sumbernya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>