mboh

Telpon selular dan Kesehatan

Telpon selular tak terpisahkan dari kehidupan kita. Kita semua tergantung dengan device kecil tersebut bahkan anak-anak kecil.

foto: wikipedia.com

Berikut ini beberapa hal berkenaan dengan handphone seperti dikutip dari healthmeup
Radiasi
Ya! Radiasi penggunaan handphone dalam bentuk gelombang elektromagnet. Melalui frekuensi radio tertentu, kita bisa menerima panggilan atau menelepon. Emisi radiasi ada dalam jumlah kecil dan berupa gelombang pendek.

Penyerapan radiasi
Jumlah kecil gelombang radio dari emisi telpon seluler diserap oleh tubuh. Menurut wikipedia output power maksimum dari telpon selular mempunyai regulasi standar. Pada sistem kebanyakan, telpon selular dan stasiun pemancar memeriksa kualitas penerimaan, kekuatan sinyal, dan tingkatan power. Bisa meningkat atau menurun secara otomatis pada selang waktu tertentu disesuaikan dengan keadaan (diluar atau didalam bangunan). Rata rata energi yang diserap oleh tubuh diukur dengan Specific Absorption Rate (SAR). SAR bisa dilihat di masing masing website merek telpon selular.

Efek radiasi telpon selular
Efek yang dihasilkan ada dua jenis, panas dan non-panas.

Efek panas
Ketika seseorang menggunakan telpon selular, efek panas banyak terjadi dipermukaan kepala.
Pasa ini bisa meningkatkan suhu kepala. Namun panas ini tidak sepanas sinar matahari. Sirkulasi darah tidak terlalu terpengaruh, sirkulasi darah diotak mampu menerima kenaikan panas, namun kornea mata tidak dibuat untuk menerima panas berlebih.

Efek Non-panas
Komunikasi telpon seluler sering menghasilkan low-frequency dari carrier signal.
Efek Non-panas bisa diartikan normal respon telpon selular terhadap kenaikan temperatur. Panas ini bisa mengaktifkan beberapa sistem syaraf, gen dan produksi shock protein untuk melindungi sel dari stress akibat panas.
Menurut sebuah study di
The Journal of the American
Medical Association – paparan sinyal frekuensi radio pada beberapa bagian otak yang terdekat dengan antena mengakibatkan meningkatnya level “glucose metabolism”

Pada efek non-panas ini bisa mengakibatkan:

Blood-brain barrier effects
Kanker
Cognitive effects
Electromagnetic hypersensitivity
, sakit kepala, pusing,hilangnya perhatian dll.

Gangguan tidur
Behavioral effects

Mengurangi efek radiasi
Berikut beberapa langkah sederhana untuk mengurangi akibat radiasi telpon genggam:

Jaga jarak
Jaga jarak dengan hp sedikitnya 10 milimeter dari tubuh. Belajar jaga jarak, susah tapi bukan berarti tidak mungkin.

Sinyal lemah adalah buruk
Telpon selular membebaskan lebih radiasi radio frekuensi saat sinyal lemah. Artinya, jika sinyal lemah hindari pemakaian untuk menghindari akibat buruk.

Pakai handfree headsets
Gunakan handfree karena membantu mengurangi emisi radiasi ke otak.

Bergantian
Ganti penggunaan tangan dan telinga antara kanan dan kiri untuk membatasi paparan pada salah satu sisi telinga.

Gunakan speaker untuk menelepon
Radiasi frekuensi radio paling kuat saat telpon berusaha mendial nomer, jadi jauhkan dari kepala sampai panggilan diangkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>