mboh

Tempat Terpanas di Dunia

Death Valley di California, AS, bukanlah satu-satunya tempat terpanas di dunia. Di bagian utara Ethiophia terdapat Dallol, lanskap penuh sumber air panas dan gas beracun. Penasaran ingin ke sini? Pikir dulu dua kali.

photo wikipedia

Dari sekian banyak tempat berbahaya di dunia, Dallol adalah salah satu destinasi yang jadi misteri. Bukan karena mistis, tapi karena tempatnya yang berbahaya bagi mahluk hidup.

Dallol di utara Ethiophia adalah salah satu tempat terpanas di muka bumi. Suhu rata-rata di sini hanya 34 derajat Celcius, namun turis yang datang akan dikelilingi sumber air panas dan gas beracun.

Dilansir dari Atlas Obscura, Selasa (27/8/2013), Dallol adalah tempat kaya mineral dan gas alam. Tempat ini juga kaya garam. Tak heran tempat ini begitu berwarna, ada perpaduan hijau dan kuning juga merah di beberapa tempat.

Pada abad ke-20, beberapa perusahaan asal AS, India, dan Italia membangun perusahaan tambang di sekitar Dallol. Namun lanskap alamnya terlalu keras dan berbahaya bagi para pekerja di sana.

Sekarang, yang tersisa di Dallol adalah beberapa bangunan terbengkalai dari bata dan garam. Bukti lain kalau ini adalah salah satu tempat terpanas di dunia, di area yang sama terdapat Gateway to Hell. Ini gunung berapi lengkap dengan kawah lahar.

sumber detik