mboh

Undur Undur

Undur undur
Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan
Filum
Kelas Aves
Ordo
Upaordo
Famili Myrmeleontidae
Genus
Spesies
Nama Binomial
Distribusi Undur undur

Undur-undur adalah sebutan untuk kelompok serangga dari famili Myrmeleontidae (kadang-kadang salah dieja sebagai Myrmeleonidae). Di dunia ini diperkirakan ada sekitar 2.000 spesies undur-undur dan mereka tersebar di seluruh dunia, terutama di wilayah bersuhu hangat dan berpasir.

Larva undur-undur dilihat dari dekat. (photo wikipedia)

Nama “undur-undur” diberikan pada hewan ini karena kebiasaan larvanya berjalan mundur saat menggali sarang jebakan di tanah. Di daerah Barat, hewan ini dikenal dengan nama antlion (semut singa). Nama itu diberikan karena kebiasaan larvanya yang memburu semut secara ganas dengan cara menggali jebakan di dalam tanah sehingga dianggap sebagai “singanya para semut”.

Penelitian dari Fakultas Biologi UGM pada tikus putih, data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA dan uji LSD pada taraf kepercayaan 95 persen, mengatakan bahwa, pemberian jus undur-undur mampu menurunkan secara nyata (p<0,05) kadar glukosa darah tikus hiperglikemik setelah 14 hari perlakuan. [1]

Sementara itu menurut dr H Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP , staf pengajar di FKUI dan Staf divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSUPNCM, secara medis pengobatan dengan undur-undur belum dikenal. Jika gula darah sedang tinggi maka yang perlu dilakukan adalah mengontrol makan dan minum obat yang diresepkan dokter.

Artikel Rintisan, kamu bisa menambahkan info dengan memberikan komentar dibawah


    Referensi

  1. ^ Undur-undur Ampuh Obati Diabetes, Benarkah?, diakses 26 Agustus 2013
Plugin referensi dapat didownload disini

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>